Halaman

Sabtu, 11 Agustus 2012

Angklung dan Saung Angklung Udjo


Boleh dikatakan, berbicara tentang angklung (modern) adalah juga membicarakan Saung Angklung Ujdo. Saung Angklung Udjo didirikan Ujdo Ngalagena yang juga adalah murid penemu angklung modern, Daeng Soetigna. Kini Saung Angklung Udjo telah menjadi rujukan utama orang yang tertarik dengan angklung.

Saung Angklung Udjo yang berlokasi di Bandung, menawarkan A-Znya angklung. Disana ada atraksi, workshop alat musik bambu, kelas belajar angklung, dan pengenalan budaya Sunda pada umumnya. Paduan antara memelihara warisan karuhun dengan misi memperkenalkan angklung kepada dunia nampaknya menjadi tema Saung Angklung Udjo. Semuanya dirangkum dalam tag line : Nature, culture in harmony.  


Angklung sendiri adalah sebuah alat musik yang terbuat dari bambu. Suku Sunda kuno adalah penemu 'alat musik' ini. Pada jaman kerajaan Sunda kuno, angklung sebenarnya adalah bagian dari ritual menanam padi. Sebagaimana diketahui, masyarakat Sunda kuno memang masyarakat agraris. Kelahiran angklung ditenggarai sebagai bagian dari pencarian jati diri urang Sunda, yang merindukan kehidupan harmoni dengan alam.




Bentuk Angklung
Sekarang mungkin anda agak penasaran dengan bagaimana sebenarnya bentuk dasar angklung. Harap diingat bahwa bentuk dasar angklung sangatlah sederhana dan mudah untuk dimainkan. Anda tinggal menggetarkan atau menggorangkan angklung, maka kelurlah nada. Mungkin agak antitesis dengan biola yang lahir dari musik klasik yang rumit. Kalau begitu, 'murah' kah alat musik ini? tunggu dulu. Perhatikan bagaimana sebuah angklung dibuat.

Menurut rilis Saung Angklung Udjo, angklung terdiri dari tiga bagian, yaitu dua tabung suara, tabung dasar, dan kerangka. Bahan dasarnya dari bambu yang diambil dari rumpun bambu berusia 4 - 6 tahun, dipotong pada musim kemarau antara jam 9 sampai 3 sore. Kemudian direndam dalam lumpur selama 1 tahun. dipotong potong bagian perbagian, dirakit dan akhirnya memasuki masa penyeteman. Anda masih berpikir ini barang 'murah'?.





Memainkan Angklung
Angklung adalah alat musik yang harus dimaikan secara kolektif. Anda bisa datang ke Saung Angklung Udjo dan memainkannya di sana. Atau anda bisa juga membeli sebuah angklung dan memainkannya sendiri. Tentu saja itu tidak asyik. Namun berita terbaru orang sudah mulai memainkan angklung secara digital. Walaupun anda sekarang seorang diri, aplikasi ini mampu menciptakan konser angklung lengkap yang biasanya dimainkan sampai puluhan orang. Salah satu penyedia software untuk aplikasi angklung dijital adalah Angklung Sound Library. Kelebihannya adalah piranti konser angklungnya sudah dilengkapi dengan sound gambang dan calung untuk basnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...